Alasan Mengapa Anda Harus Memaafkan Oranglain

Banyak hubungan yang akhirnya kandas tidak sampai ke jenjang pernikahan karena salah satu pihak enggan memaafkan. Baik itu hubungan percintaan, persaudaaran, hingga persahabatan. Padahal memaafkan adalah kunci paling besar dalam menjalin kembali hubungan yang sempat renggang. Sayangnya tidak semua orang memiliki jiwa besar untuk mau memaafkan. Sebesar apapun kesalahan oranglain, anda berhak untuk hidup bahagia dengan memaafkan. Selain itu memaafkan pun akan melatih anda agar mau berdamai dengan diri sendiri.

cara pdkt

Dengan mengetahui apa saja dampak positif memaafkan tentunya anda bisa lebih legowo untuk memberi maaf. Anda hanya perlu membayangkan bagaimana jika anda di posisi orang yang meminta maaf. Selain itu Tuhan pun Maha Memaafkan. Tentu saja sebagai manusia pun anda wajib memaafkan oranglain karena Tuhan pun Maha Pemaaf. Untuk anda yang masih enggan berdamai dengan oranglain, berikut berbagai alasannya mengapa anda harus memaafkan.

Berbagai Alasan Mengapa Harus Memaafkan

  1. Terbebas dari stress

Walaupun awalnya sulit, memaafkan bisa menjadi terapi untuk diri sendiri untuk terbebas dari stress. Memaafkan akan membuat seseorang memilik perasaan yang lega. Dengan perasaan tersebut, risiko stress pun bisa anda redam. Selain itu memaafkan juga baik untuk kesehatan emosional anda sehingga tidak mudah marah. Dengan memaafkan oranglain anda pun akan belajar memaafkan diri sendiri.

  1. Tidak menyakiti diri sendiri

Seperti yang disinggung diatas, memaafkan akan membuat seseorang rentan stress. Stress akan menyebabkan rasa sakit di hati bahkan bisa mengenai fisik. Dengan memaafkan anda sedang berusaha tidak menyakiti diri sendiri. selain itu rasa dendam yang merongrong hati pun perlahan bisa terkikis jika anda mau memaafkan.

  1. Bisa memulai kebahagiaan baru

Kebahagiaan baru pun bisa anda raih jika hati ikhlas memaafkan. Untuk apa memendam benci dan dendam jika memaafkan bisa membuat anda lebih bahagia. Berfikirlah bahwa hidup hanya sekali. Jangan sampai kehidupan semata wayang anda ini sia-sia dengan rasa benci yang mengurung hati anda. Anda berhak bahagia dan memaafkan adalah cara untuk bahagia yang bisa anda coba.

  1. Tidak berbuat dosa

Setiap agama mengajarkan untuk memaafkan. Bahkan memendam dendam dan benci termasuk dalam perbuatan dosa. Jangan sampai karena rasa benci di hati akan menyebabkan dosa makin banyak berkumpul. Cobalah untuk ikhlas memaafkan karena anda tidak berhak berdosa dengan cara demikian. Niatkan diri untuk terbebas dari dosa dan cobalah memaafkan kesalahan oranglain.

  1. Mengerti keadaan oranglain

Selain untuk diri sendiri, memaafkan pun akan mengajarkan kita bagaimana berempati dengan oranglain. Karena setiap kesalahan memiliki alasan dibaliknya. Dengan memaafkan anda akan tahu bagaimana keadaan yang sebenarnya dan bisa bersikap lebih bijak dan dewasa. Rasa empati pun akan naik terhadap oranglain dengan belajar memaafkan.

Jadi jangan berat untuk memaafkan oranglain. Walaupun awalnya sulit namun percayalah banyak hal baik dari upaya anda dalam memaafkan.

Beragam Berita Terbaru © 2018 Frontier Theme