Cara Melancarkan ASI Kembali dan Memperbanyaknya

ibu dan anak menyusui

ibu dan anak

Cara melancarkan ASI kembali harus diketahui oleh para ibu yang baru saja dikaruniai buah hati. Ini karena ASI alias Air Susu Ibu adalah makanan pertama yang terbaik bagi bayi baru lahir. Produksi ASI yang melimpah akan memastikan buah hati tak kekurangan makanan bergizi di awal pertumbuhan mereka. Namun, seringkali para ibu mengalami kondisi di mana produksi ASI menyusut dan tak memenuhi kebutuhan sehingga bayi lebih sering diberi susu formula. Banyak cara melancarkan ASI yang dapat dicoba oleh para ibu. Berikut adalah beberapa cara tersebut, sebagaimana dikutip dari mamapapa.id.

Ragam Cara Lancarkan Kembali ASI Pasca Melahirkan

  1. Cara melancarkan ASI kembali yang pertama dapat dilakukan ialah memperbanyak konsumsi air putih. Cukup konsumsi air putih tak sekedar akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi, namun juga bisa memastikan produksi ASI tetap lancar serta melimpah. Konsumsi air putih dapat diselingi jus buah maupun makanan pelancar asi seperti sayuran agar hasilnya semakin maksimal. Faktor dasar ini seringkali dilupakan padahal sangat penting perannya.
  2. Kedua, sering-seringlah memberikan ASI pada sang buah hati. Praktek dasar ini terbilang cukup sering dilupakan. Tak jarang ibu yang ASI-nya tak lancar memilih untuk berhenti menyusui sama sekali. Padahal, dengan semakin sering menyusui, produksi ASI justru akan semakin lancar dan melimpah.
  3. Ketiga, menyusuilah secara bergantian antara payudara kiri dan kanan. Susui bayi hingga payudara terasa kosong, kemudian berganti dengan payudara lain yang masih penuh.
  4. Keempat, praktekkan juga pemijatan di area payudara. Hangatkan payudara dengan handuk terlebih dahulu kira-kira selama dua menit. Pijat bagian puting dengan perlahan mulai dari atas hingga bawah. Di area areola, pijat secara perlajan dari atas ke bawah serta dari kanan ke kiri, masing-masing lima hingga enam kali. Pijat payudara secara melingkar mengikuti bentuknya antara lima hingga enam kali. Setelahnya, pijat melingkar mulai dari spiral ke areola tiga hingga empat kali. Pijatan ini dilakukan pada masing-masing payudara. Jangan lupa juga untuk bersihkan area puting serta areola secara rutin agar tidak kaku dan kering.
Beragam Berita Terbaru © 2018 Frontier Theme