Cara Mengatasi Rasa Nyeri Pada Payudara Saat Menyusui

Payudara yang nyeri dan sakit saat menyusui di sebabkan karena banyaknya hormon pembentuk ASI atau di sebut oksitosin yang merangsang otot untuk menekan atau memerah ASI keluar. Kami sudah merangkum cara mengatasi payudara nyeri saat menyusui di bawah ini, semoga bermanfaat untuk Anda.

Hormon oksitosin akan dilepaskan dari dalam tubuh Anda pada saat menyusui si kecil. Saat ini Anda mungkin akan mengalami hal seperti payudara bocor ASI karena hormon yang sangat melimpah.

Mengatasi Rasa Nyeri Pada Payudara Saat Menyusui

Beberapa Ibu mengalami payudara nyeri saat menyusui dan sangat sakit ada juga yang merasakan hal lain seperti payudara kesemutan, tidak nyaman dan merasakan payudara membesar tetapi ada beberapa Ibu hanya mengalami payudaranya sangat nyeri saja saat baru pertama menyusui.

Nyeri payudara yang terjadi pada saat Anda menyusui si kecil juga bisa di sebabkan karena produksi ASI yang terlalu banyak tetapi bayi Anda belum menyusu dengan maksimal atau bisa di katakan over ASI di dalam payudara. Untuk mengurangi rasa nyeri pada payudara Anda saat ini melakukan secara rutin dan sesering mungkin menyusui bayi Anda adalah hal terbaik.

Payudara nyeri saat menyusui juga bisa di akibatkan karena infeksi jamur atau sering di sebut sariawan payudara yang di sebabkan karena lembabnya area puting payudara Anda. Infeksi jamur ini bisa menular ke mulut bayi Anda, Ibu harus waspada mengenai hal ini.

Penyebab lainnya payudara nyeri saat mulai menyusui adalah karena terjadinya pembengkakan pada payudara karena sangat banyaknya ASI di dalam payudara memnbuat jaringan susu membengkak. Pembengkakan bisa di awali dengan rasa sakit, panas dan bahkan ada yang mengalami merah dan seperti mengkilap. Jika Anda sat ini baru mulai menyusui bayi Anda hal tersebut normal terjadi, Anda jangan terlalu khawatir.

Rasa sakit dan rasa nyeri bisa di sebabkan karena radang kelenjar dada atau bisa di sebut kondisi mastitis. Hal ini di sebabkan karena kelebihan ASI di paksa di keluarkan melalui jaringan payudara Anda. Payudara bisa menjadi berwarna merah dan bahkan menyebabkan Ibu demam karena sangat sakit.

Terus bagaimana cara mengatasi payudara nyeri saat menyusui dengan cepat dan aman?

Menyusui dengan sesering mungkin akan mnegurangi tekanan dan akan mengurangi nyeri tetapi jika tidak tertahankan Anda bisa mengkonsumsi parasetamol untuk Ibu menyusui agar meringankan rasa sakit dan nyeri.

Bisa juga dengan mengkompres payudara Anda dengan air hangat atau air es yang bersih untuk mengurangi rasa nyerinya.

Cobalah hal berikut ini untuk mengatasi nyeri payudara saat menyusui karena sangat menyiksa:

Saat bayi Anda selesai menyusu biarkan mulutnya menempel pada puting agar saat terjadi ASI menetes si kecil akan dengan sendirinya menyusu lagi.
Menyusui dengan posisi yang tepat yaitu dengan berbaring di tempat tidur dan membiarkan bayi menyusu sambil tidur. Bayi Anda akan menyusu sampai ia puas dan tertidur
Berkonsultasi dengan dokter untuk mengobati memungkinan sakit lain atau sakit bukan karena ASI over produksi.

Ada beberapa hal yang menyebabkan nyeri pada saat menyusui selain masalah di atas yaitu di sebabkan karena bra yang tidak tepat atau kekecilan, sakit karena Anda mulai haid lagi atau bisa juga sakit lain bukan karena ASI. Jika Anda sudah menyusui dengan sangat sering tetapi belum kunjung sembuh dan masih sangat nyeri, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan bidan atau Dokter.

Updated: July 13, 2018 — 5:43 am
Beragam Berita Terbaru © 2018 Frontier Theme