Dampak dari Tidak Adanya Pengolahan Air Limbah

Dampak dari Tidak Adanya Pengolahan Air Limbah – Limbah cair merupakan salah satu limbah yang membawa dampak kerusakan jangka pendek ataupun panjang yang sangat mengganggu kelangsungan hidup masyarakat ataupun hewan-hewan dan tamanan yang memiliki habitat didalam air. Selain itu, pencemaran air pun dapat mengurangi ketersediaan air bersih untuk kebutuhan masyarakat.

Dampak dari Tidak Adanya Pengolahan Air Limbah

Selain mencemari air bersih, limbah cair juga dapat membuat kerusakan pada tanah permukaan sehingga semakin lama air tanah yang bersih pun akan semakin berkurang. Berikut ini dampak-dampak lain yang diakibatkan dari pencemaran air yang perlu anda ketahui.

  1. Pembuangan limbah anorganik di sungai dapat mengakibatkan terhalangnya sinar mataghari sehingga proses fotosintesi dari hewan dan tanaman yang hidup di air bisa terganggu.
  2. Jumlah oksigen dalam air akan semakin berkurang karena oksigen akan dimanfaatkan oleh bakteri terlebih dahulu untuk proses pembusukan limbah.
  3. Limbah cair yang berasal dari cucian baju yang mengandung jumlah detergen yang banyak akan mengakibatkan senyawa fosfat meningkat di dalam sungai ataupun danau sehingga akan membuat tanaman ganggang meningkat sehingga dapat menghalangi masuknya oksigen ke dalam air.
  4. Material untuk pembusukan tumbuhan air akan mengendap di dalam air sehingga mengakibatkan pendangkalan.

Apa Solusi Terbaik Untuk Mengolah Air Limbah?

Untuk mencegah hal diatas, cara terbaik adalah dengan mengolah limbah-limbah tersebut agar tidak semakin merusak lingkungan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah pemanfaatan jaringan IPAL. Jaringan IPAL (instalasi pengolahan air limbah) adalah sekumpulan peralatan yang memiliki tugas untuk memproses air limbah hingga menghasilkan air yang bersih.

Tujuan utamanya adalah melakukan proses penyaringan pada limbah air. Instalasi pengolahan air limbah ini dapat diterapkan untuk kawasan industri, pertanian hingga rumah tangga. Dengan fungsi IPAL yang komplit ini dipercaya dapat menjaga lingkungan. Berikut ini merupakan manfaat dari IPAL:

  1. IPAL akan menghasilkan air bersih dari limbah cair yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.
  2. Air dari proses IPAL dapat dijadikan sebagai cadangan air bersih dimasa mendatang dan sebagai cadangan air bersih untuk tanah.

Jika air dari hasil IPAL dialirkan kedalam sungai maka, segala tanaman dan hewan yang hidup didalam air tidak akan terganggu karena habitat mereka yang terjaga.

Updated: April 10, 2018 — 8:05 am
Beragam Berita Terbaru © 2018 Frontier Theme