Review Lengkap Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul Jogja

Provinsi Yogyakarta memiliki empat Kabupaten dan satu Kota Madya, diantara empat Kabupaten di Yogyakarta tersebut masing-masing memiliki keunggulan, misal Kabupaten Sleman terkenal sebagai pusat pendidikan sebab hampir 75% kampus di Jogja bertempat di Sleman. Nah, Kabupaten Gunungkidul misal nya sebagai daerah penyumbang deretan wisata alam menakjubkan di Yogyakarta. Dari wisata pegunungan, pantai, sungai, hingga wisata gua pun semua ada disana. Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul merupakan satu diantara wisata populer di kota pelajar, keindahan sungai bawah tanah(didalam gua) serta pemandangan stalaktit dan stalagmit salah satu terbaik di dunia. Tak heran jika wisata Jogja ini penuh sesak oleh wisatawan ingin berkunjung kesana, terutama ketika musim liburan tiba.

Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul

Gua Pindul Gunungkidul ialah salah satu dari tujuh gua yang dilalui sungai bawah tanah dari daerah Bijiharjo. Menurut situs datawisata.com bahwa panjang dari sungai Gunungkidul ini mencapai 300 meter, lebar 5 meter serta kedalaman hingga 5 meter. Salah satu bagian dari gua ada tempat lumayan lebar, sehingga terlihat mirip seperti kolam. Di bagian sungai itu pula ada lubang cukup besar sebagai tempat masuk sinar matahari. Tak jarang di lubang itu dimanfaatkan sebagai latihan oleh para tim SAR.

Cave tubing gua Pindul hampir mirip seperti kegiatan rafting, kalau olahraga rafting ialah menyusuri sungai menggunakan kapal maka cave tubing ialah penyusuran sungai menggunakan ban. Lantaran arus disana cukup tenang serta debit air pun tak ada bedanya antara musim kemarau dan penghujan, maka kegiatan cave tubing disini sangat cocok dilakukan oleh semua golongan usia.

Pengelola wisata menyediakan berbagai perlengkapan cave tubing seperti ban, jaket pelampung dan senter kepala. Lebih bagus lagi kalau anda membawa perlengkapan sendiri dari rumah, sehingga tak perlu menyewa peralatan.

Lokasi Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul berada di Dusun Gelaran satu, kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sedangkan biaya tiket wisata dibandrol sebesar Rp. 35.000, belum termasuk biaya retribusi sebesar Rp. 10.000 dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000 sepeda motor.

Beragam Berita Terbaru © 2018 Frontier Theme