Tips Memilih Layanan Cloud Computing

cloud computing

Semakin berkembangnya layanan komputasi awan di Indonesia disebabkan oleh permintaan yang melonjak. Selain itu, manfaat yang diberikan oleh layanan ini pun dapat meningkatkan keuntungan bisnis dan juga menekan biaya untuk operasional teknologi. Namun, sebelum menggunakan layanan ini, sebaiknya perlu mempertimbangkan beberapa hal agar layanan ini memberikan apa yang Anda butuhkan.

3 Tips Memilih Layanan Cloud Computing

 

  • Pahamilah apa yang sebenarnya Anda butuhkan ketika memutuskan untuk menggunakalan layanan komputasi awan ini. Jika Anda menggunakan layanan ini untuk kepentingan bisnis, maka pahamilah dengan baik bisnis yang dijalankan tersebut, dan target dari bisnis tersebut. Selain itu, memahami kebutuhan aplikasi juga perlu agar provider cloud dapat memberikan layanan yang cocok dengan apa yang Anda harapkan. Pada umumnya, penyedia layanan ini hanya menyediakan infrastruktur saja tanpa mengetahui apa yang dipasang oleh para kliennya. Namun, apabila Anda menjelaskan hal lain yang dibutuhkan, maka penyedia akan mempertimbangkannya. Dengan kata lain, jika Anda tidak mengatakan tambahan lain yang dibutuhkan maka penyedia cloud hanya akan memmberikan layanan yang standar.

 

 

Selain itu, sebelum mengimplementasikan layanan ini, terlebih dahulu Anda sebagai pelanggan harus mempelajari aturan main yang diterapkan oleh masing-masing provider. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan kebijakan dan jenis virtualisasi antara satu provider dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai kernel yang bisa digunakan dan tidak bisa digunakan oleh provider tertentu.

 

 

  • Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kelangsungan bisnis yang dijalankan oleh Anda. Hal tersebut penting sehingga Anda harus memiliki perencanaan binsis yang matang dan berbagai macam strategi yang dilakukan demi menjagak keberlangsungan bisnis tersebut. Selain bisnis, kelangsungan aplikasi pun harus diperhitungkan oleh Anda, sebagai pelanggan, sehingga strategi untuk tetap menjalankannya pun perlu dirumuskan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menjelaskan dengan detail bisnis seperti apa yang Anda jalankan, tujuan Anda menjalankan bisnis tersebut, dan target yang ingin Anda capai. Selain itu, utarakan juga apa-apa yang Anda butuhkan terkait bisnis tersebut. Dengan mengatakannya, maka pihak penyedia cloud akan memberikan solusi dan pelayanan seperti yang Anda butuhkan.
  • Perhatikan soal backup data dan juga disaster recovery. Tidak semua provider menyediakan layanan cloud yang dilengkapi dengan backup, oleh sebab itu tanyakan terlebih dahulu sebelum mengimplementasikannya. Tidak adanya backup akan memberikan dampak buruk bagi bisnis Anda. Terdapat provider yang sudah melengkapi layanan cloud dengan backup sebagai layanan standar yang diberikan. Namun, ada juga provider yang hanya menyediakan backup untuk kepentingan disaster recovery. Selanjutnya, beberapa provider juga menyediakan backup dengan retensi yang berbeda. Terdapat provider yang melengkapi layanannya dengan backup yang memiliki retensi standar namun ada juga provider yang menerapkan layanan terpisah untuk backup dalam retensi tertentu. Kecermatan sebelum memilih memang sangat diperlukan.

 

 

Beragam Berita Terbaru © 2018 Frontier Theme